Disiplin atau menyesal

Lebih baik pilih yang mana?

1. Penderitaan dalam kedisiplinan

2. Penderitaan dalam penyesalan

Walaupun sama-sama penderitaan, tapi keduanya sangat jauh berbeda. Menderita dalam kedisiplinan itu sangat indah karena penuh dengan harapan akan keberhasilan. Yang lebih penting lagi, penderitaan dalam kedisiplinan itu sifatnya hanya sementara karena sebentar lagi orang yang setia dalam kedisiplinan akan segera menuai hasilnya.

Menderita karena penyesalan sangatlah mengerikan. Karena kita baru sadar ketika semua kesempatan telah berlalu. Dan yang perlu diingat, penderitaan di dalam penyesalan bisa saja berlangsung selamanya.

Kenapa penderitaan dalam penyesalan bisa terjadi?

Satu kata yang paling pas yaitu “Penundaan”. Ya, kebiasaan menunda-nunda memang terasa nikmat. Tapi hanya sesaat. Yang selanjutnya akan mengantarkan kita ke dalam penderitaan dalam penyesalan karena menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

So kalau begitu, mengapa kita masih memanjakan diri kita untuk bermalas-malasan dan menunda pekerjaan yang walaupun melelahkan tapi akan membaikkan hidup kita. Mengapa kita tidak segera berlaku tegas pada diri kita untuk memutuskan hidup menderita dalam kedisiplinan dengan penuh harapan bahwa kita akan menuai hasil dari jerih payah kita. Oh sungguh indahnya. Dengan penuh harapan bahwa pada orang yang bersungguh-sungguh Tuhan akan membukakan jalan kebaikan baginya, apakah kita masih akan merasa menderita dengan berlaku tegas dan disiplin pada diri kita sendiri?

Pilihan ada di tangan anda. Silahkan memilih. Karena Tuhan memberikan sedikit sifat Maha Berkehendak-Nya kepada manusia untuk memilih jalan hidupnya.

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Rabbmulah hendaknya kamu berharap“.

QS. Al-Insyirah (94): 5-8

Wassalam,

Melbourne, 24 Januari 2012, 10.21 AM

This entry was posted in Sedekah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s