Ciri-ciri orang bertakwa

Sedari dulu kita selalu diajari bahwa takwa itu berarti menjalankan semua perintah Allah dan menjauhi semua larangan Allah. Namun sayangnya, kebanyakan kita hanya sekedar tahu arti dari bertakwa, tapi tidak bersungguh-sungguh untuk mencari tahu apa perintah Allah, apa larangan Allah, dan berusaha untuk mentaatinya.

Oleh karena itu, disini saya mencoba memberikan sedikit contoh konkret dari beberapa ayat dalam Al-Qur’an tentang ciri-ciri orang yang bertakwa. Apa sih yang harus kita lakukan dalam hidup ini agar termasuk dalam golongan orang-orang yang bertakwa? mari sama-sama kita renungkan ayat di bawah ini:

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui.

QS. Ali-Imran (3): 133-135

Kalau dirangkum, berarti agar kita bisa termasuk dalam golongan orang-orang yang bertakwa kits harus:

1. Berbagi/berderma kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan

2. Menahan amarah

3. Memaafkan kesalahan orang

4. Berbuat kebajikan

5. Apabila melakukan kesalahan, segera ingat Allah, memohon ampun, dan berjanji tidak  mengulanginya lagi

Sebenarnya masih banyak ayat-ayat di Al-Qura’an yang menjelaskan ciri-ciri orang yang bertakwa. Namun, mari kita coba terapkan mulai dari yang sederhana seperti yang tertulis pada ayat di atas. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan langkah kita untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Wassalamu’alaikum,,

Melbourne, 18 Januari 2012, 9.35 PM

 

This entry was posted in Sedekah and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s