Jangan takut salah

Teringat kembali ayat Allah SWT di dalam Al-Qur’an bahwa Ia tidak akan merubah nasib kita sampai kita sendiri yang berusaha merubahnya.

Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri.

QS. Ar-Ra’d (13): 11

Kita semua pasti menginginkan hasil yang terbaik dalam hidup kita, dalam bidang apapun kita belajar dan bekerja. Yang menjadi pertanyaan, apakah kita sudah berusaha semaksimal mungkin untuk mendapatkan apa yang kita inginkan tersebut? Dari ayat di atas kita tahu bahwa Allah memberi bagian pada usaha kita dalam proses pengabulan doa kita. Ya, berdoa dan berusaha. Kita semua pasti sudah mengetahui. Di sini saya hanya kembali mengingatkan pada diri saya sendiri dan pada pembaca sekalian. Mari kita kerahkan seluruh kemampuan kita demi kepantasan hidup yang lebih baik.

Jangan takut mencoba hal-hal baru, dan jangan takut salah. Karena dari kesalahan itulah kita bisa belajar untuk mencari langkah yang lebih baik lagi. Yang perlu kita takuti adalah perbuatan dosa. Jadi kita harus bisa membedakan mana yang salah dan mana yang dosa. Sebagai contoh, menggelapkan uang yang diamanahkan kepada kita adalah dosa, tetapi kesalahan dalam mengelola uang yang membuat uang tersebut habis adalah kesalahan dalam bekerja.

Oleh karena itu, janganlah takut berbuat kesalahan dalam mencoba hal-hal yang baru, selama kita masih memegang prinsip untuk tetap setia pada kebaikan. Berusahalah semaksimal mungkin untuk melakukan yang terbaik dan ijinkan malaikat dan seluruh alam untuk juga berdoa bagi kebaikan kita. Semoga Allah segera mengabulkan permohonan yang terbaik bagi kita semua.

Untuk kemenangan serupa ini, hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja.

QS. Ash-Shoffat (37): 61

Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Rabb kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu

QS. Fushilat (41): 30

Wassalamu’alaikum..

This entry was posted in Sedekah and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s