Selamat pagi 2012!

Pergantian tahun baru sudah sering kita alami. Ada yang bersyukur karena masih diberi kesempatan hidup dan memaknainya sebagai momentum untuk memulai perubahan menuju kehidupan yang lebih baik, namun ada juga yang melewatinya hanya untuk sekedar berhura-hura. Apakah momentum untuk melakukan perubahan hanya di tahun baru ini? Mengapa kita tidak merencanakan perubahan sesegera mungkin ketika kita telah menyadari bahwa yang kita lakukan selama ini ternyata salah?

Berhubung saat ini masih dalam nuansa tahun baru, tidak ada salahnya kita menggunakan momen ini untuk memulai kehidupan baru, kehidupan yang memuliakan kebaikan, dan menjadi pribadi yang pantas bagi kedamaian dan ketentraman.

Yang pertama, hendaknya kita terlebih dahulu berintrospeksi apakah yang kita lakukan selama ini sudah benar dan dapat mengantarkan kita pada kebahagiaan yang hakiki.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

QS. Al-Hasyr (59): 18

Setelah kita menyadari kekurangan-kekurangan kita dan kesalahan-kesalahan yang masih sering kita lakukan, marilah kita besegera untuk menghapusnya dari kehidupan kita dan memulai kehidupan baru dengan banyak menebarkan kebaikan bagi seluruh alam.

..Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri..

QS. Ar-Ra’d (13): 11

Agar hidup kita tidak salah arah, marilah terus kita pelajari pedoman hidup kita (Al-Qur’an). Sadari hakikat dari kehidupan ini. Setelah tahu tujuan hidup kita di dunia ini, tentukanlah langkah-langkah untuk mencapainya.  Karena kebanyakan orang bersemangat untuk mencapai impian besar tapi lupa merencanakan dengan matang langkah-langkah apa yang harus ia lakukan untuk mengejar mimpinya tersebut. Seperti sebuah kapal yang sudah menghadap ke daratan yang benar, tetapi patah tiang layarnya.

Untuk kemenangan serupa ini, hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja.

QS. Ash-Shoffat (37): 61

Marilah kita songsong tahun baru ini dengan semangat baru untuk menjadi pribadi yang memuliakan kehidupan dengan menebarkan kasih sayang kepada sesama, sebagaimana yang diperintahkan oleh Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Dan tidaklah Kami mengutus engkau, melainkan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam.

QS. Al-Anbiya (21): 107

Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin,

itulah orang-orang yang beruntung

Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin,

itulah orang-orang yang merugi

barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin,

itulah orang-orang yang celaka

Selamat tahun baru 2012!

Peace be upon you all!

This entry was posted in Sedekah and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s