Buat apa sih sholat??

Kita semua, sebagai umat islam, pasti pernah dan tentunya sering melaksanakan ibadah sholat. Sebenarnya buat apa sih kita sholat terus 5 kali sehari, setiap hari, sepanjang tahun? Kebanyakan kita menjawab,”Yaa, sholat kan kewajiban kita sebagai umat islam, kalau kita gak sholat nanti akan masuk neraka..” Begitulah kebanyakan jawaban umat islam saat ini. Nggak salah sih, tapi kok kayaknya agak kurang pas, seolah-olah sholat itu merupakan beban buat kita sehingga tak jarang orang berkata,“Alhamdulillah udah sholat, udah nggak ada utang..” Lho, apakah memang seperti itu tujuan Allah SWT menurunkan perintah sholat kepada manusia? Untuk menjadi beban? Nah, untuk lebih jelasnya coba kita lihat beberapa ayat mengenai perintah sholat yang terhampar di dalam Al-Qur’an.

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka beribadahlah kepada-Ku dan dirikanlah sholat untuk berdzikir (mengingat) kepada-Ku.”

QS.Thaahaa (20): 14

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram.

QS. Ar Ra’d (13): 28

Di sini Allah SWT mengajarkan bahwa sholat itu untuk berdzikir, atau ingat kepada Allah. Kenapa Allah menyuruh kita untuk ingat kepada-Nya? Allah yang menciptakan manusia,tentunya Ia lebih mengetahui kebutuhan manusia bahwa kalau manusia ingin merasakan ketentraman dalam hatinya ya ingatlah kepada Allah, dirikanlah sholat! Tapi kok kita malah merasakan tentramnya ketika selesai sholat ya? Karena seperti udah nggak punya utang rasanya? Padahal Allah menerangkan bahwa ketika sholat, ketika mengingat Allah, harusnya hati kita menjadi tenang. Apakah ada yang salah dengan sholat kita selama ini? Apakah ketika sholat kita sudah benar-benar mengingat Allah? Mari kita sama-sama berintrospeksi diri.

“Dan mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan sholat. Sesungguhnya itu sangat berat kecuali bagi orang-orang yang khusyuk. (Yaitu) mereka yang yakin, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya. ”

QS. Al Baqarah (2): 45-46

Tujuan yang kedua dari ibadah sholat ialah sebagai sarana untuk meminta pertolongan kepada Allah atau berdoa. Saya ingin bertanya pada para pembaca, kira-kira kita itu lebih khusyuk pas lagi sholat atau pas lagi berdoa? Lho, kenapa kita bisa lebih khusyuk ketika berdoa,padahal sholat itu kan berdoa juga? Ternyata ketika kita berdoa, kita benar-benar tahu apa yang kita ucapkan karena menggunakan bahasa kita sendiri. Padahal seluruh bacaan yang kita baca sepanjang sholat itu isinya adalah doa. Jadi sebenarnya sholat itu diwajibkan Allah karena memang kita membutuhkan sholat untuk meminta/berdoa kepada Allah. Nah,orang yang khusyuk dalam sholatnya paham betul apa yang ia baca dalam sholatnya, dan ia menjadikan sholatnya sebagai sarana untuk berdoa kepada Allah.

“Bacalah Kitab (Al-Qur’an)  yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan dirikanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain. Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

QS. Al ‘Ankabut (29): 45

Ini adalah ayat yang paling populer di tengah umat islam. Bahwa sholat itu dapat mencegah dari perbuatan keji dan mungkar. Tapi kok banyak umat islam (termasuk kita), masih sering melakukan perbuatan keji dan mungkar? Apa yang salah dengan sholat kita? Seperti dijelaskan di paragraf sebelumnya bahwa orang-orang yang khusyuk sangat memahami apa yang ia baca dan ia lakukan selama sholatnya sehingga sholatnya tersebut berdampak dalam perbuatannya sehari-hari. Pada saat sholat, ia benar-benar ingat kepada Allah. Sehingga pada saat selesai sholat, ia merasa terus diawasi Allah SWT. Kalau sudah bisa merasa selalu diawasi Allah SWT, bagaimana bisa kita melakukan perbuatan keji dan mungkar?

Oleh karena itu, mari kita perbaiki sholat kita. Kita pahami bacaan sholat kita. Jangan karena bacaan sholat itu bahasa arab lantas kita jadi tidak mau memahami artinya. Lalu coba kita resapi setiap bacaan dan gerakan dalam sholat kita dan coba kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya, pada saat sujud, kita merendahkan diri serendah-rendahnya sambil bertasbih kepada Allah Yang Maha Tinggi. Sebenarnya ini mengajarkan kita untuk selalu memiliki rasa rendah hati, sehingga kita dapat terhindar dari sifat sombong.

Sebenarnya masih banyak ayat-ayat tentang perintah sholat. Tapi semoga dengan beberapa ayat di atas dapat menjadi bahan renungan buat kita semua untuk berintospeksi dan memperbaiki ibadah sholat kita. Jangan sampai sudah bertahun-tahun kita sholat tapi tidak tahu hakikat sholat sebenarnya dan tidak ada dampaknya dalam perbuatan kita sehari-hari. Jangan sampai Allah SWT menganggap bacaan sholat kita seperti siulan belaka dan gerakan sholat kita seperti tepukan tangan belaka. Dengan kata lain, sholat kita tidak ada artinya sama sekali di sisi Allah SWT.

Dan sholat mereka di sekitar Baitullah itu, tidak lain hanyalah siulan dan tepukan tangan belaka. Maka rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu.”

QS Al Anfal (8): 35

Semoga kita tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang sholat tapi masih celaka, karena kita lalai ketika mengerjakan sholat. Tapi sebaliknya, semoga kita bias menjadi orang-orang yang beruntung karena khusyuk dalam mengerjakan sholat.

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang sholat, (yaitu) orang-orang yang lalai dalam sholatnya.

QS Al-Ma’un (107): 4-5

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam sholatnya.

QS Al-Mu’minun (23): 1-2

Mari kita jadikan sholat sebagai kebutuhan dalam hidup kita, sebagai sarana untuk mencari ketenangan hati, berdoa kepada Allah, melatih kita untuk selalu ingat kepada Allah dimanapun kita berada, ingat perintah dan larangannya, menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, dan mencapai kebahagian hidup dunia dan akhirat.

 

This entry was posted in Santapan Ruhani and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Buat apa sih sholat??

  1. Muslim says:

    Salam,,,saya dah baca dari atas sampe akhir ngaco semua,,hhihihihih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s